Ujian Nasional itu...

Sudah setahun sejak saya mengkuti alur jalannya pendidikan kita, Ujian Nasional.
Dulu, saya menganggap ujian nasional itu momok. Ujian nasional itu kejam.

Dua bulan menjelang ujian, setiap bangun tidur hingga memejamkan mata lagi saya selalu membayangkan dan tertekan oleh ujian nasional.
belajar? tidak.
saya merasa tidak adil, proses belajar selama 3 tahun penentuannya hanya 3 hari.
3 hari yang menentukan masa depan.
masa depan kita ditentukan oleh nilai, bukan dengan proses.
tak heran banyak terjadi kecurangan, karena mau tidak mau memang harus mau.
Saya ingat hari itu, saat itu Ujian Biologi bagi IPA. Setelah jam usai, terdengar tangisan beberapa teman saya dari ruangan sebelah. Mereka takut karena ternyata materi tidak sesuai yang diajarkan. Sedangkan untuk matematika, bahkan guru lulusan s1 saja ada beberapa soal yang tidak bisa dikerjakan olenya.

Semoga Ujian Nasional besok lebih baik. Tidak ada kecurangan, tidak ada kebocoran soal, dan semoga besok siswa SMA/MA/sederajat se-Indonesia bisa mengerjakan dengan baik. amin.

Posting Komentar